Pesona Makanan Nusantara Kurang Mempesona

Foto: Ana. Penulis bersama Pak Adi, salah satu peserta dari Banjarnegara.

Pameran makanan “Pesona Pangan Nusantara (PPN) ke-7” yang bertema “Selera Cita Rasa Tradisi” kembali digelar di Hall A Jogja Expo Center (JEC) pada 12-16 Oktober 2012. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Disperindagkop dan UKM Provinsi DIY bekerja sama dengan PT. Medialink International. PPN ke-7 ini diikuti sekitar 120 peserta dari berbagai kota di Indonesia, seperti Yogyakarta, Tegal, Garut, Kutai Kartanegara, Semarang dan lain-lain. Pameran dibuka pada pukul 10.00 sampai 21.00 WIB.

“Tujuan dari diadakannya kegiatan pameran ini adalah untuk memperkenalkan produk dan memperluas jaringan bisnis,” papar Rohmad Hermawan, salah satu panitia saat dijumpai di sela-sela kesibukannya di PPN ke-7.

Wiwik, salah satu pengunjung, mengatakan pameran makanan ini biasa saja karena konsep yang diusung tidak sejalan dengan kenyataan yang ada di lapangan. “Katanya pameran makanan nusantara tapi stand-stand di sini penuh dengan fast food. Stand yang paling rame ya stand fast food itu,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Rohmad, PT. Medialink International sebenarnya memiliki dua konsep dalam mengadakan pameran makanan, yaitu Pesona Pangan Nusantara yang mengusung makanan tradisional dan makanan modern pada Superfood Expo. Namun karena keterbatasan agen yang menjual makanan tradisional, akhirnya agen makanan cepat saji pun dilibatkan dengan prosentase 70% makanan tradisional dan 30% makanan modern.

Salah satu peserta pameran yang berasal dari Banjarnegara, Adi, mengaku antusias mengikuti kegiatan ini. “Saya ingin produk saya (Dawet Ayu Banjarnegara-Red) dikenal masyarakat luas dan saya mendapatkan mitra bisnis,” tandasnya.

PPN yang dilaksanakan setiap tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan, seperti demo produk, demo masak, lomba masak makanan tradisional, lomba foto, lomba stand up comedy, gelar seni dan musik akustik. (Alin)

3 thoughts on “Pesona Makanan Nusantara Kurang Mempesona

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s