B, C, D,… up to Z!

“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” (Q.S. Ar-Rahman: 13)

Bersyukur, bersyukur, dan bersyukur. Sungguh, tiada yang lebih indah selain mensyukuri apa yang kumiliki dalam hidupku. Aku tidak pernah merasa kekurangan ketika aku berusaha mensyukuri segala yang ada dalam hidupku. Berusaha? Ya, berusaha. Aku sedang berusaha.

 

23 Maret 2013

Graduation party…

Malam Ahad. Seperti malam-malam sebelumnya. Bersama EDSA Famz. Lagi.

Agenda malam ini adalah syukuran kelulusan abang-abang kece a.k.a Mas Faisal, Mas Aflah, dan Mas Anjar. Sekalian syukuran ulang tahunnya Mas Anjar mungkin. Bertempat di rumah Mba Vita di Seyegan, kami memulai acara ini setelah Zuhur. Acara dimulai dengan masak-masak. Gosh! Aku angkat tangan! I can’t cook 😀

Finally, aku hanya pegang kamera untuk mengabadikan momen langka itu. Aku hanya membantu mengupas mentimun dan langsung berhenti setelah kupasanku terlalu tebal, padahal sungguh, sebelumnya kupasanku rapi sekali😦 But no one believes in me😦 Aku sedih…

Don’t worry! Semua ledekan yang kuterima kemarin tidak kumasukkan dalam hati, sungguh🙂 Aku baik, ‘kan?😀 Efek terlalu sering diledek jadi sudah kebal.

Aduh! *tepuk jidat* Aku lupa memberi tahu siapa saja yang mengikuti acara ini. Here they are

Tentu saja ada Mas Faisal, Mas Aflah, Mas Anjar, dan Mba Vita. Ada juga Mba Nisa, Dina, Mas Fatah, Pak Heri, Unul, Mba Kunti (meski bukan termasuk dalam bagian EDSA Famz, namun Mba Kunti ini cukup dekat dengan EDSA Famz terutama Mas Handung), Mba Mlathi, Zuhri, Mba Nela, Mba Novia, Mas Handung, Mas Sigit, Mba Siti, Mba Rini, Mas Rizal, Mas Inu, dan Mas Wawan (teman kontrakannya Mas Faisal).

Lupakan acara masak-masaknya. Aku tidak terlibat banyak di dapur yang merupakan daerah kekuasaan ibu-ibu itu. Yang aku tahu, aku punya tagline baru untuk Mba Novia😀 Novia, disconnecting people😀 (Kalau suatu saat menemukan cerita ini, jangan marah, ya, Mba😀 I love you!)

Masak pun selesai! Seusai sholat Maghrib, kami pun makan malam bersama. Nikmatnyaaa, Alhamdulillah😀 Selesai makan, satu per satu hadirin yang datang mulai berpamitan. Aku? Jangan tanya. Pulang belakangan tentu saja. Asyiknya, Mas Aflah beliin martabak dan terang bulan. Yes!😀 Lebih tepatnya, aku dan Mba Vita yang meluncur ke abang tukang martabak–pakai duit Mas Aflah😀 (Es krimnya belum!)
Di sinilah yang membedakan aku dengan yang lainnya. Awalnya ragu, namun kumantapkan hatiku untuk bercerita, agar hati sedikit lega. Mulailah aku bercerita dari A sampai H, sampai L, balik lagi ke A, kemudian sampailah aku di Z!
“Aku tak peduli lagi,” kataku.
“Jangan seperti itu. Tidak peduli boleh, tapi rasa sayang itu jangan dipaksa hilang,” katanya.
“Aku serasa ‘ditampar’ pas ulang tahun kemarin, Mba. Aku baru benar-benar sadar sesadar-sadarnya kalau aku masih punya banyak teman yang sayang aku. Jadi untuk apa selama ini aku hanya memikirkannya?”
“Ya, sama seperti aku. Tapi Allah pasti sayang aku, buktinya Allah menurunkan … dan … yang setia mendengarkanku. Aku sering mendatangi mereka hanya untuk menangis. Sampai suatu ketika aku mendatangi salah seorang diantara mereka dan ia berkata, ‘Kalau kamu masih sering menangis karena dia, berarti kamu menyepelekan kami? Orang-orang yang sayang kamu?’ Saat itu aku baru sadar, aku masih punya B, C, D, …”
“Bahkan sampai Z?”, potongku.
“Ya, bahkan sampai Z! Jadi aku tidak perlu memikirkan A! Aku ‘kan masih punya B, C, D,… sampai Z!”
Aku terdiam. Pelajaran yang sama di hari ulang tahunku.

 

Why do I have to think about A? On the other hand, I’ve already had B, C, D, … up to Z!

Ada berapa huruf dari B sampai Z? 25, bukan? Apalah artinya kehilangan huruf A? Hanya satu huruf saja. Masih ada 25 yang lain.

 

Mana nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? (Q.S. Ar-Rahman: 13)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s