Muat Ulang(?)

20 Mei 2013

Lebih dari 2 minggu lamanya aku tidak menulis. Bukannya malas atau sibuk, tetapi blog-ku kemarin agak sedikit bermasalah. Pasalnya, setiap kali aku ingin menulis langsung di blog, si kursor tidak bisa digerakkan atau diletakkan di tempat dimana aku akan menulis. Awalnya, kupikir WordPress sedang error. Tapi semakin sering kucoba dan hasilnya tetap nihil, aku semakin ragu dengan dugaanku tersebut. Jengkel, aku pun tidak membuka blog-ku. Dan, pagi ini, seperti biasa aku membawa laptop ke kampus. Ada mata kuliah Instructional Technology. Setelah UTS memang tidak ada kewajiban untuk membawa laptop, tetapi aku tetap membawanya. Siang ini aku akan mengerjakan tugas kelompok mata kuliah Sertifikasi IV.

Dan, keajaiban itu pun datang. Aku iseng membuka blog dan akan menulis–sebetulnya belum tahu akan menulis apa. Ketika membuka blog, daaaaaaaaannn… tampilan blog masih sama dengan ke-error-annya. Aku menghela napas. Sampai kapan blog-ku begini? Aku pun bertanya kepada Rismawan yang duduk di belakangku.

“Ini gimana? Kok nggak mau?” tanyaku.

“Coba dimuat ulang,” jawabnya.

Hah? Muat ulang?” Otakku berputar.

Reload, maksudnya?” tanyaku lagi.

“Iya.”

Aku pun meng-klik icon reload dan Alhamdulillah aku bisa menulis lagi. Yeay! Merci beaucoup, Rismawan!🙂

MUAT ULANG. Dua kata ini kini berputar-putar di kepalaku. Aku menyadari bahwa aku semakin jauh dari tatanan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Aku lebih mengerti reload daripada muat ulang. Ya, aku mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Keseharianku dihadapkan dengan bahasa Inggris. Terlebih aku sedang belajar bahasa Prancis (lagi) sekarang. Pernah suatu ketika laptop-ku di-install ulang dan aplikasi Mozilla Firefox yang ada berubah menggunakan bahasa Indonesia. Aku kaget bukan kepalang! Aku tidak memahaminya!  But, no excuse, please! Mempelajari dua bahasa asing bukan berarti tidak mau mempelajari bahasa ibuku, bahasa Indonesia. Mempelajari dua bahasa internasional bukan berarti membuatku lupa terhadap tatanan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tidak! TIDAK BOLEH! Yuk, belajar bahasa Indonesia lagi!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s