PPL: Aku (Harus) Siap!

3 Juni 2013
SMP Negeri 1 Kretek. Demikian yang tertera pada kolom ke-lima, baris ke-dua ratus sembilan puluh tiga dalam DAFTAR KELOMPOK PPL PBI. Otakku seketika berputar. Dimanakah gerangan letak sekolah tersebut?
Tanya sana, tanya sini. SMP Negeri 1 Kretek ternyata terletak tidak jauh dari Pantai Parangtritis. Alamak, jauhnya! Iseng-iseng aku memencet tombol Ctrl dan F secara bersamaan. Aku pun mengetik smp negeri 1 kretek di kotak dialog yang muncul. Muncullah nama-nama yang tidak asing bagiku. Syam Ashari. Apsus Grumilah. Hany Srihartaya. Alhamdulillah, terlepas dari persoalan jarak yang (katanya) lumayan jauh, aku senang karena aku tidak sendirian. Mereka bersamaku.😀 (Setidaknya sampai aku menulis cerita ini, aku masih merasa mereka tidak bertukar tempat dengan teman-teman PBI yang lain. Aku tidak tahu apakah mereka nantinya akan bertukar tempat atau tidak.)
Dan, sore ini pun, aku yakin penduduk FKIP tengah membicarakan satu makhluk bernama PPL. Ya Allah, I’m getting older. Rasanya baru kemarin aku mendaftar untuk menjadi mahasiswa PBI UAD di Kampus 1 UAD. Rasanya baru kemarin aku mengikuti P2K (Program Pengenalan Kampus). Rasanya baru kemarin aku mengenal teman-teman baru dari seluruh Nusantara. Rasanya baru kemarin aku mengikuti seleksi untuk menjadi anggota EDSA periode 2011. Rasanya baru kemarin aku sakit tipes dan harus dirawat di Rumah Sakit Panti Nugroho ketika aku mendapat SMS pemberitahuan bahwa aku menjadi Sekretaris II. Rasanya baru kemarin aku mendapat IPK yang tinggi dan semakin lama semakin melorot.😀 Rasanya…. Ah, apa lagi, ya?
Tak terasa, waktu bergulir dengan cepat. Aku kini telah menjadi mahasiswa semester 6. Semester tua!
PPL sudah di depan mata. Aku tidak punya pilihan lain. Aku sudah mendaftar, it means aku harus siap! Ibu Rifky Dora W., S.Pd. berpesan pada kami, mahasiswa yang mengikuti kelas Instructional Technology bersama beliau, bahwa kami harus siap fisik, mental, dan finansial untuk menghadapi PPL. Yap! Aku siap! Bukan aku harus siap, tetapi AKU SIAP! Karena kata harus yang diapit kata aku dan siap masih sedikit memaksaku untuk siap, maka aku lebih memilih menghilangkan kata tersebut untuk menunjukkan bahwa aku siap!
Beberapa temanku mendapat sekolah di Pakem dan Turi. Sebenarnya, Pakem atau Turi dekat dengan rumahku (eh, rumah simbahku). Tetapi aku belum tertarik untuk bertukar tempat dengan mereka. Why?
Aku tahu dan sangat yakin, aku ditempatkan di SMP Negeri 1 Kretek tentu bukan tanpa alasan. Allah pasti memiliki alasan terbaik untukku. Orang lain boleh saja men-judge aku bukan orang yang mau mengubah nasibku menjadi lebih baik. Mereka boleh saja heran, sejauh ini sudah ada 2 orang yang menghubungiku untuk bertukar tempat dan aku masih keukeuh dengan pendirianku. Padahal, tempat yang mereka tawarkan jauh lebih menggiurkan karena lebih dekat dengan kosku di Jalan Gajah atau rumahku di Pakem. Tetapi, aku tentu saja memiliki alasan untuk bertahan. Sebaik-baiknya rencanaku, Allah pasti memiliki rencana yang jauh lebih baik. Aku tidak tahu rencana apa yang tengah dipersiapkan Allah untukku. Yang aku tahu pasti, serta aku yakini, rencana Allah adalah rencana terbaik untukku, InsyaAllah.
Alasan itulah yang membuatku bertahan. Jika tidak ada perubahan dari pihak yang lebih berwenang, InsyaAllah aku siap ditempatkan di SMP Negeri 1 Kretek. Aku tidak ingin mengeluh lagi. Aku sedang belajar untuk ikhlas, untuk menerima segala ketetapan-Nya. Ya, meskipun jauh, aku harus tetap mensyukuri nikmat-Nya. Bagiku, penempatan di tempat yang jauh dan asing adalah cara Allah memberikan nikmat-Nya kepadaku. Bayangkan saja jika stress tiba-tiba melanda dan bisa jadi aku galau, atau resah-gelisah, aku bisa saja ke Pantai Parangtritis untuk berteriak dan melepas semua kegundahan. Boleh, kan?😀
Memasrahkan segala urusan kepada Allah adalah jalan terbaik yang harus dilakukan oleh setiap umat Islam. Hingga pada akhirnya, setiap pekerjaan–meskipun tidak menyenangkan–dapat dilakoni dengan hati yang lapang dan ikhlas. No excuse! No complain! KEEP FIGHTING!!! \(^o^)/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s