Mbah Yatiman: Belajar Ikhlas dari “Buang Air Besar”

Foto: Vinita. Mbah Yatiman

Foto: Vinita. Mbah Yatiman

Muhammad Yatiman Syafiie (81)—biasa disapa Mbah Yatiman–pernah menjabat sebagai Ketua Cabang dan Ketua Ranting. Berawal dari niat ingin beribadah kepada Allah swt., kakek ini mengaku memiliki pengalaman yang lebih banyak memberinya suka daripada duka.

Lahir dan besar di lingkungan Muhammadiyah, Mbah Yatiman pun tak luput dari peran orang-orang di sekitarnya yang memandunya dari usia belia untuk terlibat dalam kegiatan Muhammadiyah. Kakek kelahiran 17 Juli 1932 ini berproses dari Pemuda Muhammadiyah, Pengurus Ranting Muhammadiyah, Pengurus Cabang Muhammadiyah hingga Pengawas Pendidikan di Kota Kecamatan.

Menyadari usianya tak lagi muda, Mbah Yatiman yang pernah menempuh pendidikan di Akademi Tabligh Muhammadiyah Yogyakarta ini akhirnya memutuskan untuk berhenti dari kepengurusan Muhammadiyah. Namun, karena kepercayaan yang diberikan kepadanya, saat ini beliau menjabat sebagai Penasehat Cabang Muhammadiyah.

Mbah Yatiman berpesan bahwa yang terpenting dan yang paling utama dalam Muhammadiyah adalah pendidikan keikhlasan dalam beramal. Maksudnya adalah beribadah kepada Allah swt., beramal kepada masyarakat, dan lain sebagainya harus dilandasi dengan rasa ikhlas, tidak mengharapkan pamrih, sanjungan, bahkan pujian dari masyarakat. Beliau mengibaratkan sifat ikhlas yang benar seharusnya seperti orang yang tengah buang air besar—manusia tidak perlu mengingat-ingat kebaikan yang telah ia lakukan dan ia berikan kepada orang lain, serta tidak mengharapkan balasan dari orang lain. Selain itu, kesederhanaan juga diperlukan untuk mengimbangi keikhlasan di dalam kehidupan. Falsafah yang dipegang teguh oleh Mbah Yatiman ini terdapat dalam lagu “Sang Surya”, mars Muhammadiyah. (Alin-Vinita)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s