Kultum: Pakaian Istimewa untuk Muslimah Istimewa

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، وَعَلَى أله وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ

Segala puji bagi Allah, teriring doa dan keselamatan semoga terlimpah atas Nabi dan Rasul termulia, juga atas keluarga dan para sahabat, serta kepada yang mengikuti mereka dalam kebenaran sampai hari kiamat.

Saudari-saudari Muslimah yang saya cintai…

Islam merupakan agama yang sempurna. Islam mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Tidak ada satu pun hal yang luput dari aturan-aturan Islam, termasuk hal yang paling sederhana dan seringkali dianggap sepele bahkan dilupakan, yakni tata cara berpakaian untuk Muslimah.

Saudari-saudariku…

Menutup seluruh aurat kecuali muka dan kedua tangan merupakan kewajiban kita sebagai Muslimah. Allah telah menunjukkan rasa cinta-Nya kepada kita dengan memerintahkan kita untuk menutup aurat yaitu melalui salah satu firman-Nya dalam Q.S. Al-Ahzab 33: 59:

يٰۤـاَيُّهَا النَّبِىُّ قُلْ لِّاَزۡوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَآءِ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ يُدۡنِيۡنَ عَلَيۡهِنَّ مِنۡ جَلَابِيۡبِهِنَّ ؕ ذٰ لِكَ اَدۡنٰٓى اَنۡ يُّعۡرَفۡنَ فَلَا يُؤۡذَيۡنَ ؕ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوۡرًا رَّحِيۡمًا‏

“Wahai, Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Ayat ini telah dengan gamblang menjelaskan bahwa Allah menginginkan seluruh Muslimah selamat di dunia dan di akhirat. Ada berapa banyak kasus pelecehan seksual, pemerkosaan, dan tindak kejahatan lainnya yang melibatkan wanita sebagai korban? Banyak. Ada ribuan bahkan jutaan kasus di seluruh dunia. Namun, tentu saja tidak ada asap jika tidak ada api. Kasus-kasus tersebut terjadi karena wanita tidak mampu menjaga auratnya. Para wanita tidak mengenakan pakaian sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Allah sehingga para lelaki dengan mudah tergoda syahwat. Na’udzubillah.

Saudari-saudariku…

Pada suatu hari Rasulullah berkata kepada putri kesayangannya, Fatimah Az-Zahra, “Wahai anakku, Fatimah! Adapun perempuan-perempuan yang akan digantung rambutnya hingga mendidih otaknya dalam neraka adalah mereka itu di dunia tidak mau menutup rambutnya daripada dilihat laki-laki yang bukan mahramnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Saudari-saudariku…

Allah memerintahkan kita untuk menutup aurat rapat-rapat bukan berarti Allah ingin membatasi gerak-gerik kita. Tidak demikian. Justru dengan mengenakan pakaian istimewa yang telah diperintahkan oleh Allah, kita akan menjadi Muslimah yang istimewa pula. Inilah cara Allah memuliakan kita.

Saudari-saudariku…

Marilah kita bersama-sama menjadi Muslimah yang mencintai Allah dan Rasul-Nya dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya. Marilah kita bersama-sama mencapai surga yang dijanjikan Allah untuk orang-orang yang bertaqwa, yakni orang-orang yang melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Marilah kita bersama-sama saling berlomba-lomba dalam kebaikan dan saling mengingatkan serta menasehati dalam kebaikan pula.

Saudari-saudariku…

Tak ada gading yang tak retak. Demikian yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Saya mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan dalam penyampaian kultum kali ini. Kesalahan dan kekurangan berasal dari diri saya pribadi, kesempurnaan hanya milik Allah semata.

Wabillahittaufiqwalhidayah. Wassalaamu’alaaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s